Moemetz Blog

Bring Your Dream Here

Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu

Facebook merupakan salah satu platform social media yang terbesar di dunia. Begitu banyak orang yang dapat kita jadikan teman virtual di Facebook, baik yang dikenal maupun tidak. Namun kadang kita perlu berhati-hati dalam menerima permintaan pertemanan dengan memastikan keaslian akun tersebut sebelum menerimanya.
Hal ini menjadi sangat penting karena, salah satu celah yang membuat akun Facebook kita dapat di-hack atau diambil alih adalah dari daftar teman facebook kita sendiri. Walaupun Facebook telah memberikan beberapa pengaturan keamanan untuk mencegah akun di-hack, namun kita tetap perlu mengenali dan mengetahui keaslian dari suatu akun di Facebook.
Berikut adalah beberapa kriteria utama yang dapat membantu kita mengetahui asli atau palsu-nya sebuah akun Facebook.

1. Nama Profil

Dengan melihat nama profil, umumnya kita dapat mengenali apakah pemiliknya benar-benar seorang manusia atau hanya mesin (bot script). Misalnya nama profil artis atau pejabat negara tentunya perlu ditelusuri lebih lanjut kebenarannya.

2. Jenis Kelamin Pemilik Akun Palsu

Berdasarkan analisis dan laporan pada pihak Facebook, sekitar 95% pemilik akun palsu berjenis kelamin "wanita". Jadi jika halaman profil menunjukkan pemiliknya seorang wanita, dan ciri-cirinya sesuai dengan kriteria akun palsu pada artikel ini, maka dapat dipastikan akun tersebut palsu.

3. Foto Profil

Umumnya pemilik akun palsu selalu berusaha menampilkan foto profil yang relevan dengan pemiliknya. Jika kita mendapatkan permintaan pertemanan dari akun dengan foto profil yang tidak jelas, abaikan dulu. Jangan kirimi pesan, karena dapat membuka celah keamanan.

4. Foto-Foto Lainnya

Coba buka foto-foto pemilik akun tersebut, jika hanya ada satu atau dua foto yang menunjukkan orang tersebut, bisa saja akun tersebut palsu.

5. Update Status dan Komentar

Jika kita hanya melihat sedikit update status atau komentar pada halaman timelinenya, berarti ada tiga kemungkinan. Pertama, pemilik profil memang tidak mengijinkannya, kedua pemilik memang tidak aktif atau ketiga, akun tersebut palsu.

6. Teman dan Pengikut (Followers)

Akun Facebook palsu umumnya memiliki jumlah teman dan pengikut yang cukup banyak (hingga ribuan). Coba buka daftar temannya, jika ada beberapa yang memenuhi kriteria di sini, akun tersebut kemungkinan besar adalah akun palsu.

7. Temukan Informasi Profil

Informasi profil dapat dilihat pada halaman timeline (kronologis). Di sana dapat terlihat detail info tentang pendidikan, pekerjaan, status dan hal lainnya. Jika informasi kurang lengkap, kita dapat mengabaikan akun ini untuk sementara.

8. Telusuri Postingan di Wall

Jika ada postingan di Wall yang menyatakan "makasih udah add aku.. tp.. kamu siapa ya?" dan tidak ada balasan atas postingan tersebut, pemilik wall kemungkinan besar adalah akun palsu.

9. Tag pada Foto

Pada akun asli umumnya hanya sedikit orang yang melakukan tag pada setiap foto-fotonya. Akun palsu selalu melakukan tag terhadap banyak orang pada setiap fotonya.
Akun palsu ini dapat berbahaya bagi kita dan teman-teman kita di Facebook.Jika kita curiga dan merasa tidak yakin dengan akun tersebut, segera laporkan ke facebook. Jika kita sudah terlanjur berteman, segera hentikan pertemanan (unfriend) agar akun tersebut tidak dapat melakukan hal-hal yang dapat merugikan kita.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu "